Kamis, 01 Januari 2015

Tulisan - Puisi dan Resep Makanan



Puisi



Kopi

Selamat pagi semesta pagi yang beku
Hawamu menusuk antara arteriku
Aku terdiam dan menatapmu
Ah.. apakah mungkin siang dapat beku?
Apakah mungkin malam akan kemarau?
Setiap tanyaku terseling tegukan kopi tanpa gula
Ah.. lagi lagi pagi ini beku
Tatapanku meranum diantara tegukan akhirku
Ketika cangkirku kerontang aku tersadar sudah terlalu lama ku duduk dikursi rotan


Luhur

Ketika ku melangkah
Kulihat pijakanku berbekas
Aku heran, kenapa sore ini seperti bias imaji tanpa realita
Andai aku tau siapa yang memiliki ini semua
Langkahku tertanam di langgar bambu, terlilit bilik
Aku masuk, aku duduk, aku bingung?
Orang bilang imaji sebenarnya ada disini
Aku sadar ketika keningku basah, dan aku sadar persetubuhan yang indah adalah persetubuhan jidad dan sejadah
Kau lah sang kreator alam, Tuhan







Resep Makanan
Mie Kocok Medan




Bahan :
500 gram mie basah. Seduh dengan air hangat, tiriskan
200 gram taoge
250 gram fillet ayam. Rebus, tiriskan, potong kotak 1 cm
100 gram tahu putih. Potong kotak 1 cm, goreng setengah matang, tiriskan
3 butir telur. Rebus, potong-potong
3 batang daun bawang. Iris halus
3 batang daun seledri. Iris halus
 

 Kuah :
1 liter kaldu udang
200 gram udang, sisakan ekornya
 liter air
3 sdm minyak, untuk menumis
2 cm jahe, haluskan
4 butir cengkeh
½ sdt pala bubuk
½ sdt lada bubuk
1 sdm bawang putih goreng, haluskan
2 sdm bawang goreng, galuskan
Garam secukupnya
½ sdt gula pasir
2 sdm tepung maizena, larutkan dengan 50 ml air


Cara membuat:
1.      Kaldu udang: Sangrai kulit dan kepala sampai berwarna kekuning kemerahan. Tuangkan air, rebus sampai mendidih. Angkat dan saring. Ukur kaldu sebanyak 1 liter.
2.      Panaskan minyak, tumis jahe sampai harum.
3.      Masukkan udang, kaldu udang, cengkeh, pala, dan lada. Masak sampai mendidih
4.      Tambahkan bawang putih goreng, bawang goreng, garam, dan gula pasir. Aduk rata
5.      Tuangkan larutan maizena. Masak sampai kuah mengental. Angkat dan sisishkan
6.      Siapkan mangkuk saji. Letakkan mie, taoge, ayam, tahu goreng, telur rebus, daun bawang, dan daun seledri. Siram kuahnya.
7.     Sajikan dengan sambal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar