Minggu, 13 Maret 2016

PT. Akasha Wira International Tbk

     
      PT. Akasha Wira International Tbk, didirikan dengan nama PT. Alfindo Putrasetia pada tahun 1985. Nama perseroan telah diubah beberapa kali. Pada tahun 2004, nama perseroan diubah menjadi PT. Ades Waters Indonesia Tbk. Ditahun yang sama perusahaan mengalami perubahan penting, Partner Bottling S.A. (WPB) sebuah perusahaan patungan antara Nestlé S.A. dan Refreshment Product Services (anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki The Coca Cola Company), mengambil alih mayoritas saham di Perseroan, sehingga nama Perseroan diubah menjadi PT Ades Waters Indonesia Tbk. Untuk menghindari kesamaan nama dengan produk perusahaan, pada tahun 2009 PT. Ades Waters Indonesia berubah nama menjadi PT. Akasha Wira International Tbk.

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, Ruang Lingkup Kegiatan Perusahaan adalah pengolahan dan distribusi air minum dalam kemasan dengan merek dagang Ades, Ades Royal yang dimiliki oleh The Coca Cola Company, Nestlé Pure Life yang dimiliki oleh Nestlé SA dan Vica Royal dimiliki oleh PT. Akasha Wira International Tbk . Perseroan berlokasi di di Perkantoran Hijau Arkadia Tower C Lantai 15, Jl. Letjen. TB. Simatupang Kav. 88, Jakarta Selatan, dengan Nomor Telepon: (021) 27545000, dan alamat situs web: www.akashainternational.com.

Pada tanggal 3 Juni 2008 Sofos Pte, Ltd mengambil alih saham Perseroan secara tidak langsung melalui pembelian seluruh saham milik Nestlé S.A. dan Refreshment Product Services di Water Partners Bottling, SA yang mewakili 91,94% saham dalam Perseroan. Kemudian melaksanakan Penawaran tender yang menghasilkan 1.191.428 saham Perseroan atau 0,2% dari jumlah seluruh saham Perseroan.

Pada tahun 2010 Perseroan memperluas bidang usahanya yaitu merambah bisnis kosmetika dengan membeli aset mesin-mesin produksi kosmetika milik PT Damai Sejahtera Mulia, perusahaan produk kosmetika perawatan rambut

Dengan demikian izin usaha Perseroan meliputi air minum dalam kemasan; minuman ringan; industri produk roti dan kue; industri kembang gula lainnya; industri mie dan produk sejenisnya; industri bahan kosmetika dan kosmetika, termasuk pasta gigi; dan bisnis perdagangan besar (distributor utama, ekspor, dan impor).

Memasuki tahun 2011, Perjanjian Lisensi dengan The CocaCola Company selaku merek dagang AdeS berakhir sehingga Perseroan memproduksi produk galon dengan menggunakan merek sendiri yaitu Vica Royal. Atas permintaan The Coca Cola Company, Perseroan masih akan memproduksi AdeS kemasan ritel hingga fasilitas produksi Coca Cola di Indonesia siap beroperasi.

Produk Wella, Wella Professional, System Professional dan Clairol Professional merupakan kelanjutan dari perluasan bisnis perseroan dalam bidang kosmetik dengan menandatangani perjanjian kerjasama dengan Procter & Gamble (P&G) untuk mengimpor, mendistribusikan dan menjual produk Procter & Gamble segmen premium professional.

Produk Wella, Wella Professional, System Professional dan Clairol Professional merupakan kelanjutan dari perluasan bisnis persoan dalam bidang kosmetik dari menandatangani perjanjian kerjasama dengan Procter & Gamble untuk mengimpor, mendistribusikan dan menjual produk Procter & Gamble segmen premium professional.

Untuk meningkatkan daya saing di bisnis kosmetik perseroan baru baru ini telah mengeluarkan 2 produk baru yang dapat bersaing yaitu Hair Straightening MAXI Smoothing dan Hair Coloring Concept Ultimax dari lini Makarizo professional. Untuk lini produk Makarizo customer perseroan melakukan aktivitas below the line dan digital, promosi in-store dan berpartisipasi dalam beauty fairs.      

Dengan Misi Perseroan ”memberikan solusi kualitas terbaik kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan gaya hidup yang berkualitas”, perseroan merespon pertumbuhan permintaan dan memenuhi tuntutan konsumen dengan dengan mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk-produk yang dihasilkan perseroan dan telah mengoperasikan pabrik air minum dalam kemasan di Segon, Pandaan, Jawa Timur.

total pabrik yang dioperasikan perseroan adalah 3 yaitu pada industri air minum dalam kemasan Jalan Tapos KM. 1, Desa Kranji, Kel Ciriung Kecamatan Cibinong, Jawa Barat dan Jalan Raya Surabaya – Malang KM. 59 Desa Sengonagung Pandaan, Jawa Timur. Untuk industry kosmetik pabrik berada di Kawasan Industri Pulogadung Jalan Pulo Buaran II Blok A No. 1-8, Jakarta Timur

Entitas anak PT. Akasha Wira International Tbk antara lain: Vica Royal perkantoran Hijau Arkadia Tower C lantai 15, Jl. Letjen TB. Simatupang Kav. 88 Jakarta Selatan, PT. Damai Sejahtera Mulia Jl. Cempaka Putih Tengah 12/8, Kecamatan Cempaka Putih kabupaten Jakarta Pusat Provinsi DKI Jakarta.

PT. Akasha Wira International Tbk pertama kali mencatatkan sahamnya di Busra Efek Indonesia pada tanggal 13 Juni 1994 dengan kode saham ADES. Perseroan terus mengalami pertumbuhan hingga tahun 2014 jumlah saham yang beredar sebesar 589,896,800 (dalam angka penuh).

Entitas anak PT. Akasha Wira International Tbk antara lain: Vica Royal perkantoran Hijau Arkadia Tower C lantai 15, Jl. Letjen TB. Simatupang Kav. 88 Jakarta Selatan, PT. Damai Sejahtera Mulia Jl. Cempaka Putih Tengah 12/8, Kecamatan Cempaka Putih kabupaten Jakarta Pusat Provinsi DKI Jakarta.

Penerapan Intrepretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) 27 ‘Transfer Aset dari Pelanggan’, ISAK 28 ‘Pengakhiran Liabilitas Keuangan dengan Instrumen Ekuitas’, dan ISAK 29 ‘Biaya Pengupasan Lapisan Tanah dalam Tahap Produksi pada Tambang Terbuka’ dengan tanggal efektif 1 Januari 2014, tidak menimbulkan perubahan pada kebijakan akuntansi Perusahaan dan tidak memiliki dampak pada jumlah yang dilaporkan pada periode berjalan maupun periode-periode keuangan sebelumnya.

Standar, interpretasi, dan perubahan baru yang telah diterbitkan namun belum berlaku efektif bagi tahun keuangan yang dimulai pada tanggal 1 Januari 2014, adalah sebagai berikut:
§  PSAK No. 1 (Revisi 2013) “Penyajian Laporan Keuangan”
§  PSAK No. 4 (Revisi 2013) “Penyajian Laporan Keuangan Tersendiri”
§  PSAK No. 15 (Revisi 2013) “Investasi pada Perusahaan Asosiasi dan Ventura Bersama”
§  PSAK No. 24 (Revisi 2013) “Imbalan Kerja”
§  PSAK No. 24 (Revisi 2013) “Imbalan Kerja”
§  PSAK No. 48 (Revisi 2014) “Penurunan Nilai Aset”
§  PSAK No. 50 (Revisi 2014) “Instrumen Keuangan: Penyajian”
§  PSAK No. 55 (Revisi 2014) “Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran”
§  PSAK No. 60 (Revisi 2014) “Instrumen Keuangan: Pengungkapan”
§  PSAK No. 65 (Revisi 2014) “Laporan Keuangan Konsolidasian”
§  PSAK No. 66 (Revisi 2014) “Pengaturan Bersama”
§  PSAK No. 67 (Revisi 2014) “Pengunkapan Kepentingan dalam Perusahaan Lain”
§  PSAK No. 68 (Revisi 2014) “Pengukuran Nilai Wajar”
§  ISAK 26 (Revisi 2014) “Penilaian Ulang Derivatif Melekat”

Penerapan dini standar-standar baru dan revisian ini sebelum tanggal 1 Januari 2015 tidak diperkenankan.









Sumber: Laporan Tahunan PT. Akasha Wira International Tbk Tahun 2014.
Tulisan Ini Untuk Memenuhi Tugas Softskill Mata Kuliah Akuntansi Internasional.
Dosen: Jessica Barus, SE., MMSI.
Nama: D. Auliasari
Universitas Gunadarma


2 komentar:

  1. PT. DUTA JAYA KUSUMA
    Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami mengajukan penawaran kerjasama dalam pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN

    Service Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera)
    Pengiriman Domestic antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.


    Berikut Attecment terlampir.

    KETERANGAN :
    Kami tidak menerima barang-barang larangan seperti Airsoft Gun, Obat-obatan terlarang.
    Kami menerima barang-barang seperti Kimia, tetapi kimia yang ada disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).
    Terima kasih atas kepercayaan nya,semoga kerjasama nya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertayakan, silah kan hubungi kami di nomor (+62 21) 8591-7819 hp,wa.081908060678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com, andijm.dutalogistics@yahoo.com


    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    BBM : D9CE63FD
    Hp wa : 081908060678,081385311679
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
    PT. DUTA JAYA KUSUMA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105B Lt.2 Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8591-7819 Fax : +62 21 8591-7818
    Email : andijm.logistics@gmail.com, andijm.dutalogistics@yahoo.com
    Web : www.dutajayakusuma.com


    BalasHapus
  2. Dear Bpk/ibu Pimpinan PT.Akashawira Tbk.
    Salam kenal,
    Saya R.Bobby dari forwarding domestik dan internasional PT.Lintas Global Logistik yg beralamatkan Graha Tunjungan R.205 Jl.Tunjungan 41 Surabaya.
    Bermaksud perkenalan dan pengajuan kerjasama vendor ekspedisi via laut/container all Indonesia.

    Thanks
    R.Bobby

    BalasHapus