Jumat, 23 November 2012

Minggu ke 6


Minggu ke 6
1.     Sebutkan perbedaan jenis pasar dan masing – masing beri 3 contoh

v  Pengertan Pasar
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.

·         Beberapa contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang.

v  Jenis – Jenis Pasar
Ø  Pasar Konsumen, sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi, bukan dijual atau diproses lebih lanjut.
Ø  Pasar Industri, Pasar yang terdiri dari individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi, baik langsung maupun tidak langsung, dalam memproduksi barang lain kemudian dijual.
Ø  Pasar Penjual , Individu dan organisasi yang membeli barang untuk di jual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.
Ø  Pasar Pemerintah, pasar dimana terdapat lembaga pemerintah, seperti Departemen, Direktorat, Kantor Dinas, dan Instansi lain.


2.      Buatlah skema bauran pemasaran ?

Skema Bauran Pemasaran

                                                                     



3.      Sebutkan dan jelaskan tujuan sistem pemasaran ?
v  Tujuan Pemasaran di bedakan menjadi 3 :
1)      Memaksimumkan Konsumsi, Pekerjaan Pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum.
2)      Memaksimumkan Kepuasan Konsumen, Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yang diterima seseorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
3)      Memaksimumkan Mutu Hidup, termasuk di dalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga pokok barang ( mutu lingkungan fisik dan multu lingkungan kultur ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar