Minggu ke 6
1. Sebutkan perbedaan jenis pasar dan masing – masing beri 3 contoh
v
Pengertan Pasar
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur,
hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga
kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual
menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan
bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan
penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan
memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan,
tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada
persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam
ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas
manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.
·
Beberapa
contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau
tempat parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang
internasional dan pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin
polusi, dan pasar ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang.
v
Jenis – Jenis Pasar
Ø
Pasar Konsumen, sekelompok pembeli yang membeli barang untuk
dikonsumsi, bukan dijual atau diproses lebih lanjut.
Ø
Pasar Industri, Pasar yang terdiri dari individu dan lembaga
atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi, baik langsung maupun
tidak langsung, dalam memproduksi barang lain kemudian dijual.
Ø Pasar Penjual ,
Individu dan organisasi yang membeli barang untuk di jual lagi atau disewakan
untuk mendapatkan laba.
Ø Pasar Pemerintah, pasar dimana terdapat lembaga pemerintah, seperti Departemen,
Direktorat, Kantor Dinas, dan Instansi lain.
2.
Buatlah
skema bauran pemasaran ?
Skema Bauran Pemasaran
3. Sebutkan dan jelaskan tujuan sistem pemasaran ?
v Tujuan Pemasaran di bedakan menjadi 3 :
1) Memaksimumkan Konsumsi, Pekerjaan Pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi
maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran
maksimum.
2)
Memaksimumkan Kepuasan Konsumen, Tujuan sistem pemasaran lain adalah
memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan
konsumen tidak mudah belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada
individu, kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan
dari pencemaran lingkungan, kepuasan yang diterima seseorang tergantung dari
sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
3)
Memaksimumkan Mutu Hidup, termasuk di dalamnya kualitas,
kuantitas, ketersediaan, harga pokok barang ( mutu lingkungan fisik dan multu
lingkungan kultur ).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar