Rabu, 21 November 2012

minggu1


TUGAS PENGANTAR BISNIS
KELOMPOK :
·         Indri Agustian F      (23212717)
·         Mega Nirmala P       (24212514)
·         Tiara Diana Y           (27212369)
·         Desi Aulia S             (21212885)
·         Dwi Catur A            (22212277)
KELAS : 1EB19


MINGGU PERTAMA

PERTANYAAN
1.      BUATLAH SKEMA/ALUR TENTANG PENGERTIAN BISNIS DAN JELASKAN!

 
RUMAH TANGGA
KONSUMEN

USAHA
TRANSAKSI
BARANG DAN JASA
KEBUTUHAN


 


Bisnis adalah sebuah usaha yang dirintis oleh seseorang atau kelompok untuk  memperoleh hasil yang menguntungkan. Kata kunci sukses dalam berbisnis adalah berani menanggung resiko sekalipun kegagalan/kerugian
Tujuan utama orang melakukan bisnis yaitu mendapatkan keuntungan, meningkatkan penghasilan dan mendapatkan profit dalam usahanya. Bisnis bisa dilakukan perseorangan, kelompok atau suatu badan untuk memperoleh sesutu yang berguna, baik untuk kepentingan dirinya, pihak lain, maupun lingkungannya.
Dari skema tersebut kita dapat menyimpulkan, bahwa dari kebutuhan-kebutuhan yang diminta oleh rumah tangga konsumen, membuat rumah tangga produsen memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dan membuat produsen berusaha memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, dilandasi dengan kejujuran dan kepercayaan terjadilah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh produsen dan konsumen.
2.      JELASKAN ALASAN MENGAPA MANUSIA BELAJAR BISNIS?

JAWABAN
1)      Manusia saling ketergantungan satu dengan yang lain.
Maksud di sini adalah bahwa pada hakekatnya, untuk memenuhi kebutuhannya sendiri manusia bergantung pada orang lain atau saling ketergantungan.

2)      Usaha memprtahankan hidup dan meningkatkan standard hidup.
Di sepanjang hidup manusia, keinginan itu akan selau ada, dan mungkin tak terbatas. Tetapi kebutuhan mungkin sedikit bisa kita cegah, tapi layaknya seperti keinginan rasanya kebutuhan pun terus saja tak terpenuhi . Kondisi ini yang membuat manusia untuk terus berbisnis dan memenuhi kebutuhan supaya dapat meningkatkan standard hidupnya.

3)      Adanya perubahan pola hidup
Kebutuhan, selera dan tingkat pendapatan atau penghasilan yang berbeda-beda membuat perubahan pola hidup manusia.

4)      Kemajuan teknologi.
Dengan perkembangan kemajuan teknologi orang yang berbisnis bisa memanfaatkan peluang bisnis itu sebaik mungkin, misalnya kita bisa berbisnis dalam dunia maya tanpa harus bertemu dengan pelanggan secara langsung. Semakin banyak pengetahuan yang kita punya, maka akan semakin banyak pula yang bisa kita manfaatkan dari kemajuan teknologi ini untuk menggali peluang bisnis. Dengan kemajuan teknologi ini pula kita bisa mengetahui apa saja kebutuhan yang sedang diminati masyarakat, jadi dengan kata lain kita dapat mengetahui informasi apa saja mengenai peluang usaha atau bisnis.

5)      Hubungan internasional & adanya era globalisasi.
Adanya dan Meningkatnya era globalisasi membuat pasar internasional terbuka lebar untuk peluang bisnis, kita bisa menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan asing dari luar negeri, oleh sebab itu penting untuk kita mempelajari tentang bisnis.




3.      TERANGKAN SEJARAH TERJADINYA BISNIS ?

JAWABAN
Bisnis sebenarnnya sudah adapada jaman sebelum ada teknologi di era globalisasi ini. bisnis atau usaha dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pada jaman manusia primitif  mereka melakukan bisnis dengan cara barter atau tukar menukat barang dengan barang lagi tanpa tau ukuran yang sebanding dengan apa yang mereka tukarkan. Disebabkan karna keterbatasan pengetahuan lah menyebabkan mereka melakukan bisnis dengan cara barter. Tetapi karena jaman semakin berkembang dan maju menjadikan manusia beralih dari semula cara barter menjadi alat pembayaran barang dan jasa dengan menggunakan uang. Dengan menggunakan alat pembayaran uang ini menjadikan suatu barang bernilai harganya dan sebanding dengan nominal uang yang dibayarkan.seiring dengan kemajuan yang pesat, lingkungan berbisnis tidak hanya ada didunia nyata tapi didunia maya pun mereka menjalankan bisnisnya dan meraup untung yang lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar